oleh-oleh cirebon, toko oleh-oleh cirebon, oleh-oleh khas cirebon, makanan khas cirebon, minuman khas cirebon, jajanan cirebon
Home » Blog » Kuliner Khas Cirebon yang Terkenal


Toko Oleh-Oleh Cirebon Online Terpercaya Sejak 2013



Mulai
Rp 15.000,-
Beli
Mulai
Rp 16.000,-
Beli
Mulai
Rp 45.000,-
Beli

Kuliner Khas Cirebon yang Terkenal

Sunday, March 26th 2023. Posted in Blog

Kuliner Khas CirebonCirebon merupakan kota tujuan wisata di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya , tempat belanja yang beragam, dan tentunya kuliner khasnya yang menggoyang lidah. Beberapa kuliner khas Cirebon yang patut dicoba antara lain nasi jamblang , nasi lengko, docang, empal gentong, empal asem, bubur sop ayam, dan mie koclok. Salah satu kuliner khas yang paling terkenal di Cirebon adalah empal gentong, sebuah hidangan berbasis daging sapi dan kikil yang disajikan dengan kuah bening yang kaya akan rempah.

Selain empal gentong, ada juga nasi jamblang yang terkenal dengan lauk pauknya yang dimasak dengan bumbu rempah tradisional. Bagi kamu yang penasaran dengan kuliner khas Cirebon, jangan ragu untuk mencicipi dan menikmati kelezatan dari hidangan-hidangan yang tersaji di kota ini.

Sejarah Kuliner Khas Cirebon

Kota Cirebon memiliki sejarah yang kaya, termasuk dalam bidang kuliner. Berbagai makanan khas Cirebon telah terkenal hingga mancanegara, seperti empal gentong, nasi jamblang, tahu gejrot, dan banyak lagi. Sejarah kuliner khas Cirebon berasal dari pengaruh berbagai kerajaan yang pernah berkuasa di kota ini, seperti Kerajaan Sunda, Majapahit, dan Kesultanan Cirebon. Para bangsawan dan pejabat di masa lalu juga memainkan peran penting dalam pengembangan kuliner khas Cirebon, dimana mereka memperkenalkan berbagai bahan dan cara memasak yang akhirnya menjadi warisan kuliner hingga saat ini.

Terlepas dari sejarah panjangnya, kuliner khas Cirebon tetap bergema hingga saat ini dan terus menjadi daya tarik wisata bagi para pengunjung yang ingin mengenal lebih dekat tentang kota ini.

Asal Usul Kuliner Khas Cirebon

Kuliner khas Cirebon memang menjadi salah satu daya tarik wisata di kota ini. Kabupaten Cirebon sendiri terkenal dengan makanan-makanan khasnya seperti nasi jamblang, tahu gejrot, empal gentong, docang, dan masih banyak lagi. Tidak hanya enak dan terkenal, namun setiap kuliner khas Cirebon juga memiliki asal usul dan sejarah yang menarik untuk dipelajari. Nasi jamblang misalnya, awalnya merupakan makanan untuk para pekerja pada zaman penjajahan BelKamu dan kini seiring berjalannya waktu , nasi jamblang menjadi semakin populer di masyarakat.
Sedangkan tahu gejrot, memiliki rasa yang unik dan harganya yang terjangkau membuatnya banyak digemari . Sama halnya dengan empal gentong, racikan bumbu khasnya membuatnya menjadi makanan yang wajib dicicipi bagi para pengunjung yang berkunjung ke Cirebon. Setiap kuliner khas Cirebon memiliki keunikan masing-masing, sehingga tak heran jika kuliner khas Cirebon kerap dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Terlepas dari itu semua, mengetahui asal usul dan sejarah setiap kuliner khas Cirebon tentu akan membuat wisata kuliner kita semakin berwarna dan bermanfaat.

Perkembangan Kuliner Khas Cirebon

Kuliner khas Cirebon mempunyai sejarah yang panjang dan terus berkembang dari waktu ke waktu. Di antara makanan-makanan khas tersebut seperti nasi jamblang, nasi lengko, docang, empal gentong, empal asem, bubur sop ayam, dan mie koclok telah dikenal oleh banyak orang dari berbagai daerah di Indonesia. Belum lagi dengan adanya tahu gejrot yang menjadi favorit banyak orang, membuat kuliner khas Cirebon semakin dikenal oleh masyarakat luas. Tidak hanya itu, Cirebon juga memiliki budaya khas yang menarik, sehingga wisata kuliner di Cirebon semakin pesat berkembang.

Banyak pelaku usaha kuliner yang menawarkan makanan-makanan khas Cirebon dengan suasana yang khas dan mengangkat unsur tradisional Cirebon. Perkembangan pesat ini terus berlanjut dengan adanya dukungan dari pemerintah dan masyarakat, sehingga makanan khas Cirebon menjadi semakin terkenal dan diakui oleh banyak orang. Selain itu, adanya program pengembangan pariwisata kuliner di Cirebon, juga memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. Oleh karena itu, Cirebon patut dijadikan destinasi wisata kuliner yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan Indonesia maupun mancanegara.

Jenis Kuliner Khas Cirebon

Cirebon, sebuah kota di Jawa Barat, memiliki banyak kuliner khas yang patut dicoba. Beberapa di antaranya adalah nasi jamblang, nasi lengko, docang, empal gentong, empal asem, bubur sop ayam, dan mie koclok. Salah satu yang cukup terkenal adalah empal gentong, yang menjadi favorit bagi pecinta daging. Tak hanya empal gentong, ada juga empal asam yang layak untuk dicicipi. Selain itu , tahu gejrot dan nasi jamblang juga menjadi kuliner khas yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Cirebon.

Bagi pecinta makanan ringan, ada juga jenis makanan unik seperti tahu petis dan keripik tempe. Jenis kuliner khas Cirebon yang beragam ini pasti akan memanjakan lidah para wisatawan yang datang mengunjungi kota ini.

Nasi Jamblang

Nasi Jamblang adalah makanan khas dari daerah Cirebon. Makanan ini terbuat dari nasi yang dihidangkan dengan berbagai jenis lauk. Nasi Jamblang biasanya disajikan menggunakan daun jati sebagai wadahnya, sehingga memberikan aroma yang khas pada nasi. Di Cirebon, Nasi Jamblang dapat ditemukan di berbagai tempat, mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran mewah. Rasanya yang lezat dan cita rasanya yang khas membuat Nasi Jamblang menjadi salah satu makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Banyak orang yang rela datang dari luar kota hanya untuk mencicipi makanan yang satu ini.

Jika kamu berkunjung ke Cirebon, jangan lupa untuk mencicipi Nasi Jamblang yang legendaris tersebut.

Empal Gentong

Empal Gentong adalah makanan khas dari Kota Cirebon yang terkenal dengan rasa legit , gurih, dan hangat. Hidangan ini biasanya dimasak dalam gentong yang terbuat dari tanah liat , memberikan aroma dan rasa yang khas. Kuah empal gentong mirip dengan gulai, dengan sensasi rasa daging yang lembut dan nikmat . Proses pembuatan empal gentong bisa dibilang cukup unik dan membutuhkan waktu yang cukup lama , namun hasil akhirnya tentu saja sangat menggugah selera. Banyak penggemar kuliner yang rela melakukan perjalanan jauh hanya untuk menikmati kelezatan empal gentong khas Cirebon ini.

Tahu Gejrot

Tahu gejrot merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Cirebon. Makanan ini terbuat dari tahu yang dipotong kecil-kecil dan disiram dengan bumbu gula merah, kecap manis, kecap asin, dan air asam jawa. Tahu gejrot biasanya disajikan di atas piring tanah kecil atau di gelas plastik . Makanan ini sangat populer di kalangan anak-anak dan orang dewasa karena rasanya yang unik dan sensasi gejrotannya yang khas . Ada banyak resep untuk membuat tahu gejrot, namun yang paling penting adalah kualitas tahu yang digunakan haruslah baik dan segar.
Untuk memproduksi makanan ini tidak perlu peralatan yang rumit dan dapat dibuat dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Tahu gejrot merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang patut kita jaga dan lestarikan .

Akhir kata, kota Cirebon memiliki banyak sekali hal yang bisa dijelajahi, mulai dari kebudayaan, tarian tradisional, hingga wisata pantai yang indah. Selain itu, kota ini juga dikenal dengan kuliner khasnya yang sangat terkenal, seperti nasi jamblang dan tahu gejrot. Tak heran jika jumlah kunjungan wisatawan ke Cirebon semakin meningkat dari waktu ke waktu. Dengan kekayaan kuliner dan budaya yang dimilikinya, Cirebon memang layak dijaga dan dilestarikan sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik.

Jika ingin mencari produk oleh-oleh khas Cirebon, bisa mengakses langsung Oleh-Oleh Cirebon.

Mulai
Rp 20.000,-
Beli
Mulai
Rp 15.000,-
Beli
Mulai
Rp 22.500,-
Beli
Mulai
Rp 35.000,-
Beli
Mulai
Rp 55.000,-
Beli
Mulai
Rp 55.000,-
Beli
Mulai
Rp 85.000,-
Beli
Pembayaran
Pengiriman